Kamis, 18 Maret 2010

PROTOKOL JARINGAN

• Protokol jaringan : sebuah aturan atau standar yang mengatur terjadinya hubungan komunikasi dan perpindahan data antara dua atau lebih titik komputer.

Protokol jaringan terdiri dari :
 SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) : salah satu protokol yang umum digunakan untuk pengiriman surat elektronik di internet.
 POP3 (Post Office Protocol version3) : protokol yang digunakan untuk mengambil surat elektronik (email) dari server email
 IMAP (Internet Message Access Protocol) : protokol standar untuk mengakses atau mengambil email dari server.
 HTTP : sebuah protokol jaringan lapisan
 WAP (Wireless Application Protocol) : sebuah protokol atau teknik yang memungkinkan sebuah telepon genggam digital atau yang memiliki fasilitas WAP, melihat atau membaca isi sebuah situs di internet dalam format teks khusus.

• Interface : menghubungkan dua atau lebih benda pada suatu titik atau batasan yang terbagi, atau untuk menyiapkan kedua benda untuk tujuan tersebut.

Interface terdiri dari :
 USB (Universal Serial Bus) : standar bus serial untuk perangkat penghubung.
 RS 232 : standar internasional untuk spesifikasi port serial (COM port)
 RJ-45 : kabel Ethernel yang biasa digunakan dalam opologi jaringan komputer LAN atau jaringan komputer lainnya.
 PS/2 PORT : standar lama untuk port keyboard dan mouse.
 PCMCIA (Personal Computer Memory Card International Association) : slot penambahan suatu alat (card tambahan) untuk laptop yang mempunyai kecepatan tinggi.
 IEEE-1394 : penyambung komputer dengan perangkat kamera video digital, eksternal drives dan perangkat network lainnya.
 VGA Port ( Video Graphic Array Port) : penghubung komputer dengan monitor.
 DVI Port (Digital Visual Interface Port) : penerus VGA yang memberikan kualitas visual yang tajam bagi perangkat seperti monitor LCD atau proyektor digital.
 Serial Port : serial komunikasi melalui antar muka atau fisik yang transfer informasi atau memperkecil pada satu bit pada waktu atau kontras paralel port.
 Port Paralel : salah satu jenis soket pada personal komputer untuk berkomunikasi dengan peralatan luar seperti printer model lama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar